Memahami Kedipan MIL pada Honda PGM-FI
Arti kedipan indikator MIL pada sepeda motor Honda PGM-FI
Jakarta - Pada sepeda motor dengan
mesin yang sudah menggunakan sistem injeksi atau PGM-FI pada Honda,
untuk memudahkan pemilik atau mekanik mengatasi gangguan, komputer
dilengkapi dengan fungsi diagnosa mandiri atau self diagnostic function. Jika terjadi gangguan, lampu indikator gangguan atau Malfunction Indicator Lamp (MIL)
akan menyala selama 2 detik dan kemudian mati (kalibrasi). Bila terjadi
kegagalan atau kelainan pada sensor-sensor PGM-FI, lampu akan
memberikan kode berupa kedipan sesuai dengan sensor yang rusak.
Ada 2 jenis kedipan MIL yaitu pendek (0,3 detik) dan kedipan panjang
(1,3 detik). Jika berkedip pendek, berarti 1 dan MIL berkedip panjang
berarti 10. Kode tersebut akan terus berkedip hingga permasalahan dapat
diatasi. Jika terjadi dua atau lebih kerusakan, semua kode akan
dikeluarkan secara berulang-ulang dan terjadi selama posisi kunci kontak
ON.
Berikut kode tersebut
Jumlah Kedipan
|
Kode Kerusakan
|
1
|
Manifold Absolute Pressure
|
7
|
EOT/ECT (Engine Oil/Coolant Temperature)
|
8
|
Throttle Position (TP)
|
9
|
Air Intake Temperature
|
12
|
Injector
|
21
|
Sensor O2/oksigen
|
29
|
Idle Air Control Valve (IACV)
|
33
|
Engine Control Module (ECM)
|
54
|
Bank Angle sensor
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar